DEFENISI DAN LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

DEFENISI DAN LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN


Menurut  Muhibbin Syah
1. Psikologi Belajar ( bukan : ilmu jiwa belajar seperti yang disebut orang beberapa decade yang lalu) aalah sebuah disiplin (cabang ilmu) psikolgi yang berisi teori – teori psikologis mengenai belajar yakni teori- teori yang khusus mengupas cara individu belajar atau mempelajari sesuatu. .
Ruang lingkup psikologis mengenai
a. Proses perkembangan peserta didik dihubungkan dengan belajar
b. Proses belajar Peserta didik itu sendiri
( Syah, Muhibbin., 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Menurut Sri Esty W Djiwantum
2. Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari belajar, pertumbuhan dan kematangan  pribadi, serta menerapkan prinsip ilmiah tentang reaksi manusia yang mempengaruhi proses belajar.
( Esty, Sri., 2006. Psikologi Pendidikan ( revisi 2). Jakarata : Grasindo
Ruang lingkupnya :

Menurut Gleitmen ( dalam Daryono 2001)
3. Psikologi dalam kegiatannya dengan manusia, didefenisikan sebagau ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan cara atau motivasi mereka melakukan suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka melakukan  suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka berfikir dan berperasaan,
Ruang lingkupnya
-          Memahami perilaku manusia
-          Memotivasi melakukan suatu perbuatan
(Dalyono, M., 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT . Rineke Cipta)\

Menurut Djaimah B Saiful
4. Psikologi belajar adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori teori psikologi mengenai belajar terutama mengupas bagaiamana individu belajar atau melakukan pembelajaran.
Ruang lingkupnya :
-          Masalah belajar
-          Proses belajar
-          Situasi belajar
( Djaimah B, Saiful., 2011. Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta)
Menurut Tardif dalam Haryu Islamuddin
5. Psikologi Pendidikan menurut Tardif (1989) Sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengtahuan tentang perilkau manusia untuk usaha-usaha kependidikan yang mencakup :
a. Context of teaching and learning ( berhubungan dengan situasi tempat terjadinya proses belajar mengajar
b. Proses of teaching and learning (berhubungan dengan tahapan – tahapan dalam proses belajar mengajar
c. Outcomes of teaching and learning ( berhubungan dengan hasil – hasil yang dicapai dalam proses belajar dan mengajar.
Islamuddin, Haryu., 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Pustaka pelajar

Posted in by Unknown. 3 Comments

3 Responses to "DEFENISI DAN LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN"

Leave a Comment

    Hak Cipta Dilindungi UURI No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan UURI No.11 Tahun 2008 Tentang ITE. Diberdayakan oleh Blogger.

    Followers