1. Psikologi Belajar (
bukan : ilmu jiwa belajar seperti yang disebut orang beberapa decade yang lalu)
aalah sebuah disiplin (cabang ilmu) psikolgi yang berisi teori – teori
psikologis mengenai belajar yakni teori- teori yang khusus mengupas cara
individu belajar atau mempelajari sesuatu. .
Ruang lingkup
psikologis mengenai
a. Proses perkembangan
peserta didik dihubungkan dengan belajar
b. Proses belajar
Peserta didik itu sendiri
( Syah, Muhibbin.,
2012. Psikologi Belajar. Jakarta :
Rajawali Pers.
Menurut
Sri Esty W Djiwantum
2. Psikologi Pendidikan
adalah ilmu yang mempelajari belajar, pertumbuhan dan kematangan pribadi, serta menerapkan prinsip ilmiah
tentang reaksi manusia yang mempengaruhi proses belajar.
( Esty, Sri., 2006. Psikologi Pendidikan ( revisi 2). Jakarata :
Grasindo
Ruang lingkupnya :
Menurut
Gleitmen ( dalam Daryono 2001)
3. Psikologi dalam
kegiatannya dengan manusia, didefenisikan sebagau ilmu pengetahuan yang
berusaha memahami perilaku manusia, alasan cara atau motivasi mereka melakukan
suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka melakukan suatu perbuatan dan juga bagaimana mereka
berfikir dan berperasaan,
Ruang lingkupnya
-
Memahami perilaku manusia
-
Memotivasi melakukan suatu perbuatan
(Dalyono, M., 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT .
Rineke Cipta)\
Menurut
Djaimah B Saiful
4. Psikologi belajar
adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori teori psikologi mengenai
belajar terutama mengupas bagaiamana individu belajar atau melakukan
pembelajaran.
Ruang lingkupnya :
-
Masalah belajar
-
Proses belajar
-
Situasi belajar
( Djaimah B, Saiful.,
2011. Psikologi belajar. Jakarta :
Rineka Cipta)
Menurut
Tardif dalam Haryu Islamuddin
5. Psikologi Pendidikan
menurut Tardif (1989) Sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan
pengtahuan tentang perilkau manusia untuk usaha-usaha kependidikan yang
mencakup :
a. Context of teaching
and learning ( berhubungan dengan situasi tempat terjadinya proses belajar
mengajar
b. Proses of teaching
and learning (berhubungan dengan tahapan – tahapan dalam proses belajar
mengajar
c. Outcomes of teaching
and learning ( berhubungan dengan hasil – hasil yang dicapai dalam proses
belajar dan mengajar.
Islamuddin, Haryu.,
2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Pustaka pelajar
This entry was posted on Selasa, 27 Mei 2014 at 17.33 and is filed under PSIKOLOGI PENDIDIKAN. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
Hak Cipta Dilindungi UURI No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dan UURI No.11 Tahun 2008 Tentang ITE. Diberdayakan oleh Blogger.
MEGADRIVE TINOHEGAN AT CIRCUIT FOR DIT
MEGADRIVE TINOHEGAN AT CIRCUIT FOR DIT MEGADRIVE TINOHEGAN AT CIRCUIT titanium band rings FOR titanium rod in leg DIT HALL in CIRCUIT FOR DIT thaitanium HALL in CIRCUIT titanium cost FOR DIT titanium tv HALL.
wikipedia reference wholesale sex toys,wolf dildo,dildos,silicone sex doll,silicone sex doll,male sex dolls,wholesale sex toys,dildos,japanese sex dolls go to the website
y629g5tlklh196 custom sex doll,real dolls,love dolls,double dildos,sex chair,adult sex toys,glass dildos,realistic dildo,silicone sex doll k147o2oypau483